KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”

Edi Taslim (General Manager Kompas Cybermedia) didampingi Pepih Nugraha memberikan penjelasan soal Kompas Phone dan QR Code Kompas dalam kesempatan Kopdar kedua Kompasiana bertempat di

JHCC, Minggu,14 Juni 2009


Hari Minggu siang, 14 Juni 2009, saya bersama Mas Eko Eshape (plus istri tercinta Mbak Yenni dan si bungsu Lilo) dan Mas Ceppi (plus sang anak sulung Andra–teman sekelas Lilo) berangkat menuju area pameran Indonesia Celular Show 2009 dan Festival Komputer Indonesia di kawasan JHCC (Jakarta Hilton Convention Center) Senayan Jakarta Selatan. Kami datang untuk menghadiri Kopdar kedua Kompasiana yang diadakan di booth Kompas Cyber Media di area yang sama.


Pengunjung yang datang di akhir pekan itu sungguh padat. Kami cukup susah memperoleh area parkir kendaraan. Akhirnya setelah kurang lebih setengah jam, kami akhirnya mendapatkan tempat parkir yang cukup layak. Setelah membeli karcis masuk Rp 5000/orang, kami memasuki area pameran. Suasana hiruk pikuk menyambut kedatangan kami sesaat setelah memasuki ballroom JHCC dimana sejumlah produsen selular serta produk-produk ikutannya berpameran.


Kami langsung menuju area Kompas Cybermedia tempat dimana kawan-kawan penggiat Kompasiana (penulis, komentator, pembaca dan admin) yang kemudian akan saya sebut Kompasianers, berkumpul dan berkopdar. Ini adalah Kopdar kedua Kompasiana setelah sebelumnya dilaksanakan Kopdar Pertama di Bentara Budaya Jakarta tanggal 21 Februari 2009. Kang Pepih Nugraha, admin Kompasiana, menyambut kedatangan kami, rombongan Kompasianers Cikarang dengan hangat.


Saya lantas berkenalan dengan Kompasianers lain yang sudah lebih dulu datang. Salah satunya adalah Pak Ragile, Pak Raharjo, Pak Unang Muchtar, Pak Agus Hamonongan (moderator milis Forum Pembaca Kompas), Pak Ichwan Kalimasada, Pak Dwiki Setiawan, dan Pak Zainul. Nama-nama yang senantiasa familiar dalam interaksi online dan diskusi di Kompasiana, kini telah berwujud nyata. Pak Ragile yang biasanya berkomentar kritis di Kompasiana ternyata adalah sosok yang humoris dan murah senyum. Juga Pak Ichwan yang belakangan ini getol mempopulerkan salah satu capres lewat sejumlah postingnya di Kompasiana, ternyata satu almamater dengan saya di kampus Universitas Hasanuddin, Makassar. Hanya saya kuliah di Fakultas Teknik dan Ichwan di Fakultas Sospol.


Saya sempat berseloroh padanya. “Ternyata tidak salah anda mendukung si Kumis, karena anda juga berkumis ya?”, kata saya sambil menepuk pundak Ichwan yang kini bekerja di Medan itu.


“Makanya, karena saya lihat anda berkumis juga, walaupun tipis, marilah kita sama-sama mendukung si kumis ya?” sahutnya dengan tawa berderai seraya ikut memilin kumisnya. Ternyata Kumis pun bisa jadi komoditas politik..hehehe


Kami lalu terlibat pembicaraan akrab tentang banyak hal, sampai kemudian Kang Pepih mengajak kami semua ke sebuah ruangan tersendiri untuk berkopdar.


“Disini terlalu berisik, jadi daripada konsentrasi terpecah, mari kita pindah keruangan lain yang lebih tenang,” kata Kang Pepih.


Kamipun bergerak menuju lokasi, sebuah ruangan kecil berukuran sekitar 5 x 8 meter persegi yang terletak di area belakang pameran. Di dalam ruangan sudah disiapkan sekitar 30-an kursi serta fasilitas layar dan Overhead Projector.


Tak lama setelah kami berkumpul, datanglah Guest Blogger yang juga salah satu sesepuh Kompasiana Pak Prayitno Ramelan. Mantan Perwira Tinggi TNI AU yang banyak menulis soal politik di Kompasiana menyapa kami semua dengan akrab. Perbincangan kami tentu lebih banyak membahas soal suasana politik menjelang Pilpres yang kian memanas. Ketika Pak Pray–demikian nama panggilan akrab beliau–menyebut nama Sapri Pamulu, komentator artikel beliau yang berasal dari Brisbane, sebagai salah satu komentator terfavoritnya, saya spontan nyeletuk bahwa Sapri adalah “kawan seperjuangan” saya dulu di kampus Teknik Unhas ketika sama-sama mengelola Penerbitan Kampus Identitas Unhas dan merintis Surat Kabar Mahasiswa Channel 9 Fakultas Teknik tahun 1991. Sapri yang kini menjadi dosen di Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia tengah menempuh pendidikan Doktoral (S-3) di Brisbane, Australia.


Menyusul kemudian datang kawan-kawan Kompasianers yang lain seperti Mas Yulyanto yang datang bersama istri dan anaknya, Pak Wijayakusuma atau akrab disapa Om Jay yang juga datang bersama istri dan kedua anaknya, Mbak Novrita dan putrinya Nabila, yang masih duduk di bangku SMP dan juga menjadi blogger muda Kompasiana, Mbak Linda Djalil mantan wartawan Tempo & Gatra, Mas Elha, Mbak Henny, Mas Abi yang datang bersama anak dan istri serta Mas Honny Maitimu.


Tepat pukul 15.00 acara dimulai dengan pengantar dari admin Kompasiana Kang Pepih Nugraha. Pada kesempatan tersebut Kang Pepih mengungkapkan rencana launching tampilan baru situs Kompasiana dengan tambahan sejumlah fitur menarik antara lain halaman posting berbahasa Inggris, Komunitas dan juga halaman “Muda” yang diperuntukkan bagi siswa/i SMP/SMA. Rencananya tampilan baru tersebut dilaksanakan pada bulan Agustus 2009. Kang Pepih juga mengungkapkan sebagai admin Kompasiana, sedapat mungkin untuk tidak melakukan intervensi editing pada posting-posting blogger Kompasiana. “Saya tidak akan melakukan itu, dan membiarkan sebagaimana adanya dan merupakan ciri khas sang penulis. Sebagai ruang berbagi sesama jurnalis warga, Kompasiana tidak akan melakukan penyuntingan berlebihan sebagaimana yang terjadi di media mainstream,” tegas Kang Pepih yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.


Setelah Kang Pepih, giliran Pak Edi Taslim General Manager Kompas Cybermedia, memperkenalkan Kompas Phone. Piranti telekomunikasi teranyar hasil kerjasama dengan Telkom Flexi ini menyajikan konten Kompas online secara “built in” di handphone tanpa memerlukan instalasi tambahan lebih lanjut. Sang pemilik KompasPhone memiliki akses 400-600 berita aktual setiap harinya cukup dengan biaya Rp 2,000/minggu untuk dapat mengakses seluruh artikel di 13 rubrik Kompas.com serta tambahan Rp 1000/minggu untuk setiap kanal tambahan yang diinginkan.


Hal menarik lain diungkapkan oleh Pak Edi adalah, hari ini, secara resmi Kompas akan meluncurkan QR Code..


Seperti dikutip dari situs ini, QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode 2 dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave tahun 1994. Kata QR, kependekan dari quick response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons dengan cepat.


Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code. Kode ini mulai digunakan di berbagai media Eropa.

Di Indonesia, kode ini belum begitu dikenal. Karena itulah, Kompas berinisiatif memperkenalkan kepada pembacanya.

QR code berfungsi sebagai ”jembatan” penghubung secara cepat antara konten offline dan konten online. Kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. QR code bertindak seolah-olah hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat web (URL), nomor telepon, teks, dan SMS.

Untuk dapat memanfaatkan teknologi QR code, ponsel wajib memiliki akses internet. Dengan bantuan ID (nomor digit), QR code tidak hanya dapat dibaca lewat ponsel berkamera, tetapi juga dengan ponsel tanpa kamera.

Pada ponsel berkamera, QR code bisa dibaca melalui aplikasi jenis QR code reader. Khusus ponsel keluaran Nokia seri N & E, aplikasi reader ini sudah tersedia (pre-installed) dan langsung bisa digunakan.

Untuk ponsel lainnya, aplikasi reader wajib diinstalasikan. Di internet tersedia berbagai aplikasi reader yang bisa diunduh cuma-cuma. Anda dapat mengunduh lewat sarana yang disediakan KOMPAS.com, di alamathttp://dakode.mobi. Jenis ponsel Anda akan dideteksi secara otomatis dan kemudian sistem Kompas akan memberikan pilihan beberapa aplikasi reader. Unduh salah satu aplikasi dan instalasikan di ponsel Anda.

Untuk membaca QR code, jalankan aplikasi reader dan arahkan kamera ponsel Anda ke letak QR code. Dengan cara memotret barcode dua dimensi itu, Anda akan mendapatkan konten digital yang relevan, merupakan pengayaan berita, kalau QR code ditempelkan dengan berita. Konten situs jaringan tersebut bisa berupa berita lebih lengkap, grafis, foto-foto tambahan, bahkan videonya. Lebih dari itu, Anda juga dapat menyampaikan respons Anda berupa masukan atau opini ke reporter/editor.

Pada ponsel tanpa kamera, QR code tetap dapat diakses. Pertama, jalankan aplikasi browser yang ada di ponsel Anda dan ketikkan URL http://qrcd.kompas.com. Pada halaman yang muncul, masukkan ID atau 7 digit nomor yang tertera di bawah kode. Klik tombol “Go” dan selesai, Anda akan mendapatkan informasi atau konten digital terkait.

Pemakaian QR code juga bisa untuk memberikan konten multimedia sebuah iklan. Pengiklan dapat memanfaatkan untuk memperluas product knowledge pelanggan; dengan penjelasan tekstual atau penayangan video interaktif. Melalui QR code, pengiklan bisa mendapat respons pembaca lewat polling.

Dengan adanya inovasi QR Code ini, maka kata Pak Edi Taslim, Kompas menjadi pelopor pengguna code multimedia ini di Indonesia setelah sebelumnya yang pertama kali teknologi digital berupa e-paper.


Setelah uraian Pak Edi, moderator dadakan Mas Iskandar, meminta kami semua memperkenalkan diri satu-satu. Acara ini berlangsung penuh rasa kekeluargaan, santai dan penuh canda. Beberapa kali celetukan-celetukan nakal berseliweran termasuk kutipan-kutipan jargon kampanye Pilpres yang lagi marak belakangan ini.


Setelah semuanya memperkenalkan diri, Pak Pray didaulat untuk maju kedepan menyampaikan testimoni selama ngeblog di Kompasiana. Pak Pray menyatakan mulai ngeblog di Kompasiana sejak Oktober 2008 dan atas usulan beliau kepada jajaran admin Kompasiana, maka sejak November 2008 sampai sekarang, Kompasiana dibuka untuk posting-posting non jurnalis Kompas alias warga masyarakat biasa. Pak Pray mengingatkan agar tetap memelihara spirit Kompasiana sebagai “rumah sehat” bagi kita semua yang menginginkan pergulatan ide dilakukan secara santun dan elegan. Uraian Pak Pray dilakukan dengan gaya bahasa yang “gaul” dan kocak serta kerapkali mengundang tawa hadirin.


Setelah Pak Pray, giliran mbak Linda Djalil, mantan jurnalis senior Majalah Tempo dan Gatra mengungkapkan testimoninya. Beliau menyatakan sangat bangga menjadi bagian dari keluarga rumah sehat Kompasiana. Harapan Mbak Linda sama dengan Pak Pray yaitu meminta agar semangat kekeluargaan yang hangat antar sesama Kompasianers tetap terjaga. Kompasiana adalah sebuah modal sosial berharga untuk berinteraksi satu sama lain tidak hanya lewat posting di dunia maya namun juga berinteraksi di dunia nyata, seperti yang dilakukan dalam acara kopdar ini. Persahabatan yang terjalin menjadi aset berharga dalam mengembangkan hubungan sosial dikemudian hari.


Setelah uraian Mbak Linda dilanjutkan dengan pengundian Doorprize berupa dua unit KompasPhone.

Sayangnya, saya belum beruntung. Tapi tak apa. Saya masih bisa membawa pulang tas goodie bag yang berisi kaos Kompas dot com dan sebuah tiket nonton bioskop Gratis di studio 21.

Terimakasih Kompasiana juga kawan-kawan Kompasianers atas kopdar yang hebat dan mengesankan kemarin.


Sampai ketemu di Kopdar berikutnya!







 

Related Posts
MENITI KESEJUKAN PAGI DI BOTANICAL GARDEN KOTA JABABEKA
inggu pagi, 13 November 2011 saat embun masih melekat erat di dedaunan pohon dan rerumputan, ketika matahari bersembunyi malu-malu di ufuk timur, saya memacu sepeda MTB Thrill Agent hitam saya ...
Posting Terkait
MERAJUT KENANGAN DAN JARINGAN DALAM REUNI NASIONAL ALUMNI UNHAS
atahari menyengat begitu terik saat saya tiba di kawasan Ancol, Sabtu (30/8). Meskipun demikian tidak mengurangi semangat saya untuk menghadiri Reuni Nasional/Halal Bi Halal Alumni Unhas yang dilaksanakan di Restorant ...
Posting Terkait
DAENG BATTALA AKAN “BERAKSI”DI PESTA BLOGGER 2008
Hanya tinggal dalam hitungan hari saja, hajatan akbar pertemuan blogger Indonesia kedua, Pesta Blogger 2008 akan digelar di Jakarta pada Hari Sabtu, 23 November 2008 bertempat di Auditorium Gedung BPPT ...
Posting Terkait
RIZKY DAN KEHEBOHAN PROSES KHITANNYA DI RUMAH SUNATAN
aya dan isteri benar-benar sangat terkejut pada apa yang sudah dilakukan anak pertama kami, Rizky. Dua bulan silam, saya terhenyak kaget saat menyaksikan kalender bulan April 2012. Pada tanggal 6 ...
Posting Terkait
BLOGGER NUSANTARA 2013 : SEMARAK DALAM NUANSA KESEDERHANAAN DAN KEKELUARGAAN
esawat Air Asia QZ7552 yang saya tumpangi dari Jakarta mendarat mulus di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 13.10, Sabtu (30/11). Saya menghela nafas panjang, "Akhirnya sampai di Yogya juga". Ya, perjalanan ...
Posting Terkait
PROGRAM CSR PT.CSI DIMULAI DENGAN PELETAKAN BATU PERTAMA RUANG KELAS SDN KARANGBARU 06 CIKARANG UTARA
endung menggelayut di langit Cikarang ketika saya bersama rombongan PT Cameron Service International (CSI) tiba di SDN Karang Baru 06, Cikarang, Kamis pagi (6/12). Dalam hati sempat terbersit rasa khawatir ...
Posting Terkait
Saya bersama 2 rekan blogger (Aulia Masna dan Rama) mejeng sejenak dalam acara "Sitti Buka Pintu" (foto by Sekar SITTI)
Suasana di Lantai 2 Gedung Graha Tirtahadi Jl.Senopati Jakarta Selatan begitu semarak, ketika saya pertama kali menginjakkan kaki ke kantor PT SITTI Teknologi Indonesia, sebuah perusahaan yang mengelola jaringan pemasang ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN BEREKSPRESI & PERAN NETIZEN
alam minggu (17/9) di aula Asrama Haji terlihat begitu romantis. Ada bulan menggantung dan sembunyi malu-malu di balik awan. Saya menyaksikan pemandangan itu dari lantai 2 tempat penyelenggaraan Amprokan Blogger ...
Posting Terkait
Saya dan kawan-kawan panitia Pesta Blogger 2009 saat ajang perkenalan panitia dipimpin oleh Mas Iman Brotoseno (24/10/09)
Untuk kedua kalinya, saya terlibat dalam kepanitiaan Pesta Blogger. Tahun silam, saya bergabung dengan Tim Panitia yang dipimpin oleh Mas Iman Brotoseno yang mengangkat tema "One Spirit One Nation". Pada Pesta ...
Posting Terkait
SERAH TERIMA HADIAH IPOD NANO DI IM2 BROADBAND
Perayaan Hari Kartini tahun ini benar-benar memberikan berkah luar biasa buat saya, tidak hanya menang hadiah handphone dalam lomba Blog #KartiniDigital yang diselenggarakan XL, namun saya juga berhasil memenangkan hadiah ...
Posting Terkait
BERKAH HADIAH DI BULAN APRIL
lang Tahun saya ke 41 tahun ini yang saya rayakan tiap tanggal 9 April memberikan kesan yang sangat mendalam. Setelah sebelumnya menang Ipod Nano pada lomba Twitter bertagar #WanitaMasaDepan dalam ...
Posting Terkait
“VITAMIN” MOTIVASI MENGGALI POTENSI DIRI DARI MERRY RIANA
alk show Merry Riana, yang dikenal sebagai motivator ulung dan memiliki ikon "Mimpi Sejuta Dollar"tadi malam dalam acara MLD Talk-In , Rabu (20/11) di Jababeka Center, Marketing Gallery Movieland Kota ...
Posting Terkait
WISATA BUDAYA MADURA (4) : KEMEGAHAN KERATON SUMENEP DAN PESONA MASJID JAMI’ YANG MENGGETARKAN
atahari bersinar cerah, hari Sabtu (14/12), saat kami semua berkumpul di ruang makan Hotel Family Nur Sumenep. Badan saya relatif sudah terasa lebih segar, seusai sarapan dan tidur cukup setelah ...
Posting Terkait
JADI ‘PAPI SITTER’, SIAPA TAKUUT ??
Hari libur di Sabtu dan Minggu merupakan waktu terbaik bagi saya untuk mendekatkan diri bersama keluarga, orang-orang yang saya cintai. Rasanya ini adalah saat yang tepat untuk "membayar utang" waktu ...
Posting Terkait
WISATA BUDAYA MADURA (3) : KEHEBOHAN PAGELARAN SENI TARI TOPENG DI TENGAH SAWAH
enja melingkupi ibukota Kabupaten Sumenep saat rombongan Cultural Trip Potret Mahakarya tiba. Bis yang membawa kami memasuki halaman hotel C1 tempat kami kelak akan menginap. Saya menyempatkan diri meluruskan pinggang ...
Posting Terkait
MERAYAKAN ULANG TAHUN KE-44 BERSAMA PESTA DEMOKRASI INDONESIA
epat tanggal 9 April 2014, saya merayakan ulangtahun ke empat puluh empat. Sebuah perayaan yang mengesankan karena tepat di hari yang sama merupakan hari Pemilu Legislatif dan juga ditetapkan pemerintah ...
Posting Terkait
MENITI KESEJUKAN PAGI DI BOTANICAL GARDEN KOTA JABABEKA
MERAJUT KENANGAN DAN JARINGAN DALAM REUNI NASIONAL ALUMNI
DAENG BATTALA AKAN “BERAKSI”DI PESTA BLOGGER 2008
RIZKY DAN KEHEBOHAN PROSES KHITANNYA DI RUMAH SUNATAN
BLOGGER NUSANTARA 2013 : SEMARAK DALAM NUANSA KESEDERHANAAN
PROGRAM CSR PT.CSI DIMULAI DENGAN PELETAKAN BATU PERTAMA
SITTI DATANG, SITTI MENANTANG, SEMOGA MENANG !
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN
JADI PANITIA PESTA BLOGGER (LAGI)
SERAH TERIMA HADIAH IPOD NANO DI IM2 BROADBAND
BERKAH HADIAH DI BULAN APRIL
“VITAMIN” MOTIVASI MENGGALI POTENSI DIRI DARI MERRY RIANA
WISATA BUDAYA MADURA (4) : KEMEGAHAN KERATON SUMENEP
JADI ‘PAPI SITTER’, SIAPA TAKUUT ??
WISATA BUDAYA MADURA (3) : KEHEBOHAN PAGELARAN SENI
MERAYAKAN ULANG TAHUN KE-44 BERSAMA PESTA DEMOKRASI INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.